Skip to main content

12 Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil

Ternyata tidak semua makanan aman di konsumsi oleh wanita hamil. Ada beberapa makanan yang memiliki dampak yang negatif bagi kehamilan anda bila di konsumsi. Yuk simak makanan apa saja yang harus dihindari saat Anda sedang hamil. Berikut penjelasannya:

1. Pepaya Muda 

Ibu hamil hendaknya menghindari mengkonsumsi pepaya muda atau pepaya yang masih mentah, hal ini dikarenakan ada beberapa kandungan zat dalam pepaya muda yang berbahaya bagi kehamilan, yaitu zat Papain yang terdapat pada getah pepaya muda yang ternyata dapat meniru prostaglandin yang bisa memicu kontraksi pada kehamilan. Selain itu juga pada getah pepaya muda mengandung lateks yang bisa menimbulkan alergi.

2. Pare

Pare sebenarnya merupakan sayuran yang banyak mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti karbohidrat, vitamin B, zat besi, seng, kalium, mangan dan magnesium. Akan tetapi pare tetap tidak dianjurkan di konsumsi oleh wanita hamil dan meyusui karena dapat membahayakan kehamilan seperti perdarahan, keguguran dan kelahiran prematur.

3. Sayuran Mentah

Sayuran mentah memang mengandung unsur gizi lebih banyak dibanding sayuran matang, namun sayuran mentah rentan akan adanya toksoplasma dan pestisida yang dapat mengganggu perkembangan bayi dalam kandungan. 

4. Kayu Manis

Kayu manis mengandung vitamin c yang sangat tinggi yang bisa memicu keguguran. Selain itu juga mengkonsumsi kayu manis secara berlebihan pada saat hamil dapat mempengaruhi kecerdasan dan perilaku anak. Ibu hamil boleh mengkonsumsi kayu manis dalam dosis tidak lebih dari 100 gram dalam seminggu.

5. Peterseli (daun ketumbar)

Peterseli atau yanh lebih dikenal dengan sebutan daun ketumbar biasanya digunakan sebagai garnish pada makanan. Ibu hamil dilarang mengkonsumsi peterseli dalam bentuk apapun karena dapat menyebabkan keguguran

6. Kacang Tanah

Mengkonsumsi kacang tanah saat hamil ternyata dapat meningkatkan resiko alergi pada bayi. Selain itu juga kacang tanah dapat menyebabkan keguguran. Satu genggam kacang tanah dianggap sudah terlalu berlebihan untuk ibu hamil.

7. Telur mentah

Telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah harus dihindari karena memiliki potensi terkena paparan kuman-kuman penyakit dan hormon yang dapt mengganggu pertumbuhan janin. Telur mentah juga berpotensi mengandung salmonella yang dapat menyebabkan diare, mual, kram perut, sakit kepala, dan muntah-muntah. 

8. Susu dan keju yang tidak di pasteurisasi

pasteurisasi yaitu proses pemanasan pada suhu tertentu (sampai 60°C selama 30 menit). Ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsusmsi susu dan olahan susu yang tidak di pasteurisasi karena berpotensi mengandung sejumlah kuman dan bakteri. 

9. Tape

Tape kentang atau tape sigkong tidak di anjurkan untuk ibu hamil karena tape mengandung alkohol yang cukup tinggi yang bisa menghambat pertumbuhan janin.

10. MSG

MSG atau penyedap rasa haru di hindari oleh ibu hamil karena dapat mengganggu pertumbuhan syaraf janin. Selain itu juga konsumsi MSG yang terlalu tinggi juga dapat menimbulkan pusing, jantung berdebar-debar dan sesak nafas.

11. Makanan kaleng

Makanan kaleng rentan terpapar zat BPA (Bisphenol-A) yang bisa mempengaruhi kelangsungan hidup janin, oleh karena itu ibu hamil tidak disarankan mengkonsusmi makanan kaleng sepert sharden dan makanan kaleng lainnya.

12. Daging olahan

Daging olahan seperti bacon, sosis, daging sandwich, ham kemasan, pepperoni, salami dll harus dihindari ibu hamil karena berpotensi terpapar kuman-kuman dan toksoplasma yang berbahaya bagi pertumbuhan janin.

Referensi:
Hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat hamil, Nor Fadilah.
Buah, sayur, makanan dan minuman pantangan keras ibu hamil.
http://hamil.co.id/nutrisi-ibu-hamil/makanan-berbahaya/makanan-yang-dapat-menyebabkan-keguguran


Comments

Popular posts from this blog

Instrumen Akreditasi Puskesmas BAB 7-8

B/S/K Elemen Penilaian   Dokumen Puskesmas 7.1.1 1. Tersedia brosur pendaftaran   SOP Pendaftaran 2. Tersedia bagan alur pendaftaran Bagan alur pendaftaran 3. Petugas mengetahui dan mengikuti prosedur tersebut   SOP pendaftaran 4. pelanggan mengetahui dan mengikuti   alur yang ditetapkan   − 5. terdapat cara mengetahui bahwa pelanggan puas terhadap   SOP untuk menilai kepuasan pelanggan, proses terhadap proses pendaptaran form survei pasien 6. terdapat tindak lanjut jika pasien tidak puas   hasil survei   tindak lanjut survei 7. keselamatan pelanggan terjamin ditempat pendaftaran SOP Identifikasi pasien 7.1.2 1. tersedia media informasi tentang pendaftaran di tempat   media informasi di tempat pendaftaran pendaftaran 2. semua pihak yang membutuhkan informasi pendaftaran   hasil evaluasi terhadap penyam

Abil Shidqi Arsalaan

Assalamualaikum wr wb. Nama aku Abil Shidqi Arsalaan. Aku lahir pada hari sabtu, 1 juni 2019, 27 Ramadhan 1440 H. Aku anak dari Ayah Tedi dan Mama Liha. Do'ain aku jadi anak yang soleh ya, aaminn. Baru Lahir Di RS Kulit abil lagi alergi jadi merah merah, hari 1  Abil anteng dan doyan mimi 😆 0 Bulan Hari pertama pulang ke rumah, ini hari lebaran loh Mau kontrol ke RS, alhamdulillah Abil sehat, BB 4,1 kg Masih betah d bedong 😆 Bedong ala Abil Udah mulai main Bobo Ayun Usiaku 20 hari Kata ayah mirip astronot 😀 Sama mamah Muka nyurengnya Abil Baaaa Ciaaaa Ooooo 1 Bulan 2 Bulan 3 Bulan Sama ayah  4 Bulan 5 Bulan Usia 5 bulan Abil udah bisa terngkurep, guling gulung, tertawa dan mengoceh BB 8,1 kg, PB 68cm Belajar pake sandal dan sepatu, stroller masih jadi kendaraan

Jenis-jenis Keguguran dan Penanganannya

Keguguran adalah momok yang paling menakutkan bagi wanita hamil. Setiap ibu hamil memiliki resiko untuk mengalami keguguran. Keguguran adalah berakhirnya suatu kehamilan oleh akibat-akibat tertentu, pada atau sebelum kehamilan tersebut berusia 22 minggu atau buah kehamilan belum mampu untuk hidup di luar kandungan. Keguguran dibedakan menjadi beberapa jenis, yang berbeda cirinya, gejalanya, dan penanganannya. Berikut sedikit penjelasannya mengenai keguguran atau abortus. 1. Abortus iminens (Ancaman keguguran) Abortus tingkat permulaan, terjadi perdarahan pervaginam yang disertai rasa sakit yang ringan dibagian perut, jalan lahir masih tertutup dan hasil konsepsi masih baik dalam lahir. Abortus jenis ini terjadi karena pembuahan pada hasil konsepsi terlepas sebagian, dan mungkin terjadi beberapa kali dalam satu minggu Penanganannya: Istirahat baring, tidur berbaring merupakan unsur penting dalam pengobatan karena cara ini akan mengurangi rangsangan mekanis dan menambah ali