Skip to main content

ASI Ekslusif : Memenuhi Kebutuhan Gizi Bayi usia 0-6 Bulan

Kebutuhan gizi pada bayi usia 0-6 bulan cukup terpenuhi dari ASI saja.

ASI adalah makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan. ASI mengandung enzim yang membantu pencernaan, hormon dan anti bakteri.

ASI juga mengandung imunoglobulin dan yang paling banyak adalah IgA yang merupakan sumber utama pertahanan tubuh dalam melawan infeksi. Selain itu di dalam ASI terdapat komponen pertahanan tubuh lainnya, seperti musin, oligosakarida, lipase, laktoferin, komplemen, interperin, dan prebiotik. Oleh karena itu ASI memiliki peran yang sangat penting dalam melindungi anak dari infeksi, terutama diare dan ISPA.

ASI lebih banyak mengandung whey protein, sedangkan susu formula lebih banyak mengandung casein sehingga ASI lebih mudah dicerna dibandingkan susu formula.

UNICEP dan WHO merekomendasikan agar ibu memberikan ASI Ekslusif selama 6 bulan pada bayinya dan pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dilakukan setelah bayi berumur 6 bulan, sedangkan ASI tetap diberikan hingga anak setidaknya berusia 2 tahun.

ASI ekslusif adalah pemberian ASI tanpa tambahan makanan maupun minuman lain, seperti air putih, jus ataupun susu selain ASI. Namun, pemberian vitamin, mineral dan obat-obatan diperbolehkan..

Pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan pertama cukup untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Setelah 6 bulan, disarankan agar ibu tetap memberikan ASI pada anak hingga berusia 2 tahun. Karena ASI mengandung faktor yang dibutuhkan untuk mematangkam sistem kekebalan tubuh anak dan perkembangan organ-organ anak.

Hal ini sejalan dengan firman Allah dalam Al-qur'an surat Al-Baqarah ayat 233:

"Dan ibu-ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan."

Hal-hal yang harus diperhatikan:
  • Berikan ASI yang pertama keluar dan berwarna kekuningan (kolostrum)
  • Jangan beri makanan/minuman selain ASI
  • Susui bayi sesering mungkin
  • Susui setiap bayi menginginkan, paling sedikit 8 kali sehari
  • Jika bayi tidur lebih dari 3 jam, bangunkan lalu susui
  • Susui dengan payudara kanan dan kiri secara bergantian
  • Susui sampai payudara terasa kosong
  • Pada 12-24 jam pertama biasanya bayi cukuo meminum 1 sendok teh kolostrum setiap kali menyusu, pada hari ke 3 sampai ke 5 kolostrum akan berubah berubah warna menjadi keputihan dan lebih encer dan jumlahnya bertambah.
  • Jika ibu menyusui dalam posisi duduk: letakan kepala bayi dibawah lengan ibu, lengan ibu yang lain menopang bagian bawah badan bayi, letakan kepala lebih tinggi dari dada bayi, condongkan sedikit badan ibu kke bayi.
  • Jika ibu menyusui dengan cara tiduran: miringkan posisi badan ibu ke bayi, jangan bayi yang dimiringkan, hadapkan bayi ke payudara ibu tanpa memiringkan kepala bayi.

Hal-hal yang harus dihindari bagi ibu menyusui:
  • Minum-minuman keras, alkohol dapat mencemari ASI
  • Merokok, dan asap rokok
  • Makan cokelat, kopi, atau minuman yang mengandung kafein, kafein dapat mencemari ASI dan termakan bayi.
  • Mengkonsumsi makanan yang berbau tajam dan mengandung gas, seperti petai, jengkol, tape, durian, dan kol, dapat mengganggu pencernaan bayi.
  • Konsumsi obat-obatan keras. 

Note:  pemberian ASI dapat dikatakan cukup jika bayi buang air kecil minimal 6 kali sehari dan kenaikan berat badan sesuai dengan umurnya (500 gram dalam 1 bulan).

Refrensi:
Super Baby Directory, Tim Penulis
Makanan Sehat Pendamping ASI, Budi Sutomo, Dwi Yanti Anggraini
30 Penyakit yang sering menyerang anak, dr. Rendi Aji Prihaningtyas
Buku Kesehatan Ibu dan Anak
Al-Qur'an terjemah, Bukhara

Comments

Popular posts from this blog

Instrumen Akreditasi Puskesmas BAB 7-8

B/S/K Elemen Penilaian   Dokumen Puskesmas 7.1.1 1. Tersedia brosur pendaftaran   SOP Pendaftaran 2. Tersedia bagan alur pendaftaran Bagan alur pendaftaran 3. Petugas mengetahui dan mengikuti prosedur tersebut   SOP pendaftaran 4. pelanggan mengetahui dan mengikuti   alur yang ditetapkan   − 5. terdapat cara mengetahui bahwa pelanggan puas terhadap   SOP untuk menilai kepuasan pelanggan, proses terhadap proses pendaptaran form survei pasien 6. terdapat tindak lanjut jika pasien tidak puas   hasil survei   tindak lanjut survei 7. keselamatan pelanggan terjamin ditempat pendaftaran SOP Identifikasi pasien 7.1.2 1. tersedia media informasi tentang pendaftaran di tempat   media informasi di tempat pendaftaran pendaftaran 2. semua pihak yang membutuhkan informasi pendaftaran   hasil evaluasi terhadap penyam

Abil Shidqi Arsalaan

Assalamualaikum wr wb. Nama aku Abil Shidqi Arsalaan. Aku lahir pada hari sabtu, 1 juni 2019, 27 Ramadhan 1440 H. Aku anak dari Ayah Tedi dan Mama Liha. Do'ain aku jadi anak yang soleh ya, aaminn. Baru Lahir Di RS Kulit abil lagi alergi jadi merah merah, hari 1  Abil anteng dan doyan mimi 😆 0 Bulan Hari pertama pulang ke rumah, ini hari lebaran loh Mau kontrol ke RS, alhamdulillah Abil sehat, BB 4,1 kg Masih betah d bedong 😆 Bedong ala Abil Udah mulai main Bobo Ayun Usiaku 20 hari Kata ayah mirip astronot 😀 Sama mamah Muka nyurengnya Abil Baaaa Ciaaaa Ooooo 1 Bulan 2 Bulan 3 Bulan Sama ayah  4 Bulan 5 Bulan Usia 5 bulan Abil udah bisa terngkurep, guling gulung, tertawa dan mengoceh BB 8,1 kg, PB 68cm Belajar pake sandal dan sepatu, stroller masih jadi kendaraan

Jenis-jenis Keguguran dan Penanganannya

Keguguran adalah momok yang paling menakutkan bagi wanita hamil. Setiap ibu hamil memiliki resiko untuk mengalami keguguran. Keguguran adalah berakhirnya suatu kehamilan oleh akibat-akibat tertentu, pada atau sebelum kehamilan tersebut berusia 22 minggu atau buah kehamilan belum mampu untuk hidup di luar kandungan. Keguguran dibedakan menjadi beberapa jenis, yang berbeda cirinya, gejalanya, dan penanganannya. Berikut sedikit penjelasannya mengenai keguguran atau abortus. 1. Abortus iminens (Ancaman keguguran) Abortus tingkat permulaan, terjadi perdarahan pervaginam yang disertai rasa sakit yang ringan dibagian perut, jalan lahir masih tertutup dan hasil konsepsi masih baik dalam lahir. Abortus jenis ini terjadi karena pembuahan pada hasil konsepsi terlepas sebagian, dan mungkin terjadi beberapa kali dalam satu minggu Penanganannya: Istirahat baring, tidur berbaring merupakan unsur penting dalam pengobatan karena cara ini akan mengurangi rangsangan mekanis dan menambah ali