Skip to main content

Aisyah ra. Ibunda setiap umat Muhammad Saw.

Pernikahan Nabi Saw. dengan Aisyah ra. tidaklah seperti pernikahan manapun. Sungguh Allah Swt. telah memerintahkan Nabi-Nya Saw. untuk menikahi Aisyah ra. Nabi telah melihat Aisyah r.a di dalam mimpi beliau sebelum pernikahan. Nabi Saw. bersabda kepada Aisyah ra., "Aku telah mrlihatmu di dalam mimpi (dua kali). Satu malaikat datang dengan membawa (gambar) mu dalam sebuah potobgan sutera yang bagus. Dia berkata kepadaku: "Ini adalah istrimu." Maka aku pun menyingkap wajahmu, ternyata engkahlah orangnya, maka ku katakan 'jika ini adalah dari sisi Allah, niscaya Dia akan melaksanakannya." (H.R. Al-Bukhari (4832), Ahmad).

Dia adalah istri Nabi Saw. di dunia dan akhirat, sebagana telah valid di dalam as-Shahih.

Kecintaan Rasulullah Saw. kepadanya dinampakan secara terang-terangan, tidak disembunyikannya. Hingga Beliau Saw. pernah ditanya: " Manusia mana yang paling engkau cintai wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Aisyah." Dia bertanya lagi, 'Terus  dari golongan laki-laki?' Beliau menjawab, "Bapaknya". (Muttafaqun alaih).

Adapun ilmunya, maka sungguh Aisyah ra. telah mengambil banyak ilmu dari Rasulullah Saw. Dia termasuk orang yang paling banyak meriwayatkan hadits. Dan tidak ditemukan pada wanita umat Muhammad Saw. yang lebih mengerti tentang agama islam daripada Aisyah ra.

Al-Hakim dan ad-Darimi meriwayatkan dari Masruq, bahwa dikatakan kepadanya, "Apakah dulu Aisyah ahli dalam bidang faraidh?"  Dia menjawab  "Ya, demi Dzat yang jiwaku ada ditangan-Nya, aku telah melihat para sahabat Nabi yang besar bertanya kepadanya tentang faraidh."

Az-Zuhri berkata, "Seandainya ilmu Aisyah dikumpulkan (kemudian) dibandingkan dengan ilmu seluruh wanita, maka pastilah ilmu Aisyah lebih utama."

Dari Abu Musa dia berkata, "Tidaklah ada sebuah haditspun yang sulit atas kami, para sahabat Nabi Saw. kemudian kami bertanya kepada Aisyahra. kecuali kami temukan ilmunya ada padanya."

Atha bin Abi Rabah berkata, "Aisyah adalah orang yang paling fiqih dan alim, serta orang yang paling baik pendapatnya secara umum."

Ibnu Abdil Barr berkata, "Sesungguhnya Aisyah adalah satu-satunya orang di zamannya yang (ahli) dalam tiga disiplin ilmu; ilmu fiqih, ilmu kedokteran, dan ilmu sastra."

Adapun keutamaannya maka sangat banyak. Nabi Saw. bersabda:
"Banyak diantara kaum laki-laki yang sempurna, akan tetapi tidak ada wanita yang sempurna kecuali Maryam bintu Imran, Asiyah istri Fir'aun, dan keutamaan Aisyah atas kaum wanita seperti keutamaan tsarid (bubur yang sangat disukai oleh Rasul Saw.) atas seluruh makanan." (Muttafaqun Alaih).

Dari Aisyah ra. dia berkata, Rasulullah Saw. bersabda:
"Wahai Aisyah, ini Jibril menyampaikan salam kepadamu." Dia berkata, aku katakan, 'waalaihissalaam warahmatullaahi." (Muttafaq Alaih)

Aisyah ra. berkata : "Sungguh aku telah diberi sembilan hal yang tidak diberikan kepada seorang wanita kecuali kepada Maryam bintu Imran, (1) Jibril telah datang membawa gambarku, dalam mimpi beliau hingga dia memerintahkan Rasulullah Saw. untuk menikahiku, (2) beliau telah menikahiku yang dalam keadaan perawan, dan tidak pernah beliau menikahi perawan selainku, (3) beliau wafat sementara kepala beliau ada pada pangkuanku, (4) aku telah mengebumikan beliau di rumahku, rumahku dikepung oleh para malaikat, (5) jika wahyu turun atas beliau sementara beliau ada pada istrinya, maka merekapun berpancar dari beliau, dan sungguh wahyu pernah turun atas beliau sementara aku bersama dengan beliau dalam satu selimut, (6) sesungguhnya aku adalah putri khalifahnya, dan shiddiqnya, (7) telah turun pembelaanku (yang membersihkan aku dari tuduhan zina) dari langit, (8) aku dilahirkan dalam keadaan suci dan pada keadaan suci, (9) aku telah dijanjikan ampunan dan rizqi yang mulia (surga)." (HR. Abu Ya'la).

Sayyidah Aisyah ra. telah wafat pada usia 66 tahun. Dia telah memenuhi dunia dengan ilmu, keutamaan dan ketakwaannya.

Sayyidah Aisyah ra. adalah ibunda setiap umat Muhammad Saw., maka tidak ada yang membencinya kecuali Yahudi, Nasrani, dan kaum munafiq.
Mudah-mudahan Allah meridhai seluruh ummahatul mukminin. Aamiin....

Refrensi :
 Zam-Zam tanda cinta kami



Comments

Popular posts from this blog

Instrumen Akreditasi Puskesmas BAB 7-8

B/S/K Elemen Penilaian   Dokumen Puskesmas 7.1.1 1. Tersedia brosur pendaftaran   SOP Pendaftaran 2. Tersedia bagan alur pendaftaran Bagan alur pendaftaran 3. Petugas mengetahui dan mengikuti prosedur tersebut   SOP pendaftaran 4. pelanggan mengetahui dan mengikuti   alur yang ditetapkan   − 5. terdapat cara mengetahui bahwa pelanggan puas terhadap   SOP untuk menilai kepuasan pelanggan, proses terhadap proses pendaptaran form survei pasien 6. terdapat tindak lanjut jika pasien tidak puas   hasil survei   tindak lanjut survei 7. keselamatan pelanggan terjamin ditempat pendaftaran SOP Identifikasi pasien 7.1.2 1. tersedia media informasi tentang pendaftaran di tempat   media informasi di tempat pendaftaran pendaftaran 2. semua pihak yang membutuhkan informasi pendaftaran   hasil evaluasi terhadap penyam

Abil Shidqi Arsalaan

Assalamualaikum wr wb. Nama aku Abil Shidqi Arsalaan. Aku lahir pada hari sabtu, 1 juni 2019, 27 Ramadhan 1440 H. Aku anak dari Ayah Tedi dan Mama Liha. Do'ain aku jadi anak yang soleh ya, aaminn. Baru Lahir Di RS Kulit abil lagi alergi jadi merah merah, hari 1  Abil anteng dan doyan mimi 😆 0 Bulan Hari pertama pulang ke rumah, ini hari lebaran loh Mau kontrol ke RS, alhamdulillah Abil sehat, BB 4,1 kg Masih betah d bedong 😆 Bedong ala Abil Udah mulai main Bobo Ayun Usiaku 20 hari Kata ayah mirip astronot 😀 Sama mamah Muka nyurengnya Abil Baaaa Ciaaaa Ooooo 1 Bulan 2 Bulan 3 Bulan Sama ayah  4 Bulan 5 Bulan Usia 5 bulan Abil udah bisa terngkurep, guling gulung, tertawa dan mengoceh BB 8,1 kg, PB 68cm Belajar pake sandal dan sepatu, stroller masih jadi kendaraan

Jenis-jenis Keguguran dan Penanganannya

Keguguran adalah momok yang paling menakutkan bagi wanita hamil. Setiap ibu hamil memiliki resiko untuk mengalami keguguran. Keguguran adalah berakhirnya suatu kehamilan oleh akibat-akibat tertentu, pada atau sebelum kehamilan tersebut berusia 22 minggu atau buah kehamilan belum mampu untuk hidup di luar kandungan. Keguguran dibedakan menjadi beberapa jenis, yang berbeda cirinya, gejalanya, dan penanganannya. Berikut sedikit penjelasannya mengenai keguguran atau abortus. 1. Abortus iminens (Ancaman keguguran) Abortus tingkat permulaan, terjadi perdarahan pervaginam yang disertai rasa sakit yang ringan dibagian perut, jalan lahir masih tertutup dan hasil konsepsi masih baik dalam lahir. Abortus jenis ini terjadi karena pembuahan pada hasil konsepsi terlepas sebagian, dan mungkin terjadi beberapa kali dalam satu minggu Penanganannya: Istirahat baring, tidur berbaring merupakan unsur penting dalam pengobatan karena cara ini akan mengurangi rangsangan mekanis dan menambah ali